MSGOLDS

Cara Mendidik Anak Berdasarkan Usia Menurut Ahli

Cara Mendidik Anak Berdasarkan Usia Menurut Ahli
Cara Mendidik Anak Berdasarkan Usia Menurut Ahli

Cara Mendidik Anak Berdasarkan Usia Menurut Ahli

Msgolds.com – Keluarga yang berbeda memiliki gaya dan cara mendidik anak berdasarkan usia yang berbeda. Demikian pula cara mendidik anak dengan baik karena erat kaitannya dengan nilai-nilai yang tertanam kuat dalam keluarga dan perlu dipelajari.

Saat Anda menjadi orang tua hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah mengenal dan memahami anak Anda. Selain pertumbuhan fisik anak juga menunjukkan pertumbuhan (intelektual psikologis dan moral) sesuai dengan usianya.

Cara Mendidik Anak Berdasarkan Usia

Menurut Havighurst (1960), masa kanak-kanak merupakan masa emas yang pasti dialami setiap orang dan awal dari persiapan anak untuk belajar di kemudian hari. Mengetahui dan memahami cara mendidik anak berdasarkan usia dapat membuatnya merasa bahwa keberadaannya berarti dan dapat membantu ibunya.

1. di Usia Bayi

Masa kanak-kanak terutama tahun pertama adalah masa perubahan dan perkembangan yang cepat. Bayi Anda memiliki banyak tugas perkembangan selama dua hingga enam bulan pertama.

Menurut Jean Piaget, cara mendidik anak berdasarkan usia 0-2 tahun terlibat dalam tahap sensorimotor. Ia juga mengenal dirinya dan lingkungannya dengan panca indera (sense) dan perbuatannya (motorik).

Melihat bagian-bagiannya yang merasakan indera perasa mendengar dan bergerak sungguh luar biasa: Dia mencium dan menyentuhnya dengan bantuan ibu dan ayah.

Salah satu cara terbaik untuk melatih bayi di hari-hari pertama hidupnya adalah dengan mendampinginya secara emosional agar si kecil merasa aman dan nyaman saat ia tidak bisa mengungkapkan keinginannya dengan kata-kata atau gerak tubuh dan Anda adalah miliknya.

Jangan lakukan itu. Abaikan tangisan apa pun. Ibu dan Ayah merawat mereka dan selalu ada untuk mereka meskipun terkadang mereka bingung dan tidak tahu arti air mata mereka. Atau dia benar-benar ingin memakainya dan berpelukan!

See also  Cara Mendidik Anak Keras Kepala paling Efektif

2. Masa Kanak – kanak

Ketika anak-anak berusia antara 2 dan 6 tahun, cara mendidik anak berdasarkan usia sering mengidentifikasi periode ini sebagai usia bermasalah. Kami menyebutnya keras kepala ketidaktaatan kemarahan kecemasan kecemburuan ketakutan akan segalanya dan banyak masalah perilaku lainnya.

Seorang anak kecil yang selalu ingin terikat dengan ayah dan ibunya mulai melawan. Selama masa prasekolah ini ia benar-benar berusaha untuk menguasai dan mengendalikan lingkungannya.

Semakin ketat metode yang Anda gunakan untuk mendidik anak Anda semakin keras Anda menjadikannya karakter. Identifikasi tantangan perkembangan anak Anda dan bantu mereka dengan cinta: latihan pispot.

Pelatihan pispot yang sukses di samping pelatihan pispot telah membuatnya menjadi pria mandiri yang mampu mengendalikan diri dan melihat ke depan. Dengan mengamati balita Anda akan belajar bagaimana berperilaku berbeda dan bagaimana bekerja dengan teman sebaya dan lawan jenis.

Belajarlah untuk mencapai konsistensi. Setelah marah sebentar saya akan bermain lagi. Belajar menjaga keseimbangan itu penting saat berhadapan dengan perubahan. Belajar membedakan antara harga diri dan harga diri.

3. Untuk Usia Sekolah

Masa anak sekolah berlangsung dari 6-12 tahun. Seorang anak kecil sudah siap untuk bersekolah dan perkembangannya dipusatkan pada sisi intelektual sebagaimana disebut masa sekolah.

Menurut Erikson cara mendidik anak berdasarkan usia saat ini tampaknya sudah siap menerima tuntutan yang muncul dari orang lain dan memenuhi/memenuhi tuntutan tersebut. Jadi mobilitas sekolah sangat cocok untuk mereka.

Belajar menyesuaikan diri dengan teman sebaya Anda dianggap sebagai tanda paling menonjol dari tahap ini. Kebutuhan mereka untuk mencapai kemandirian pribadi dan untuk diterima oleh teman sebayanya sangat tinggi.

Salah satu cara terbaik untuk mendidik anak adalah dengan menjadi orang tua yang memahami setiap emosinya dengan mengikuti update tentang tren terbaru atau keseruan bermain dengan mainan favoritnya. Si kecil bukan hanya bayi yang luar biasa tetapi ibu dan ayah pasti orang tua yang hebat!

See also  Cara Mendidik Anak yang Baik: Orang tua Wajib Tau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *