MSGOLDS

Cara Mendidik Anak Menurut Islam yang Perlu di Terapkan

Cara Mendidik Anak Menurut Islam yang Perlu di Terapkan
Cara Mendidik Anak Menurut Islam yang Perlu di Terapkan

Cara Mendidik Anak Menurut Islam yang Perlu di Terapkan

Msgolds.com – Cinta orang tua kepada anaknya memang tidak bisa dipungkiri. Orang tua menggunakan berbagai cara mendidik Anak menurut Islam agar cerdas dan bermanfaat bagi orang lain. Jadi anak-anak harus melayani dan mencintai orang tua mereka.

Demikian pula orang tua harus selalu memperhatikan dan menyayangi anaknya. Anak adalah anugerah dan titipan dari Allah kepada orang tua. Maka orang tua menyayangi dan mendidiknya serta selalu mendoakannya: rasa malu orang tua mempengaruhi batin sang anak.

5 Cara Mendidik Anak Menurut Islam

Maka orang tua harus mengetahui praktik pengasuhan Islami sesuai dengan prinsip Rasulullah SAW. Dengan demikian anak menjadi pribadi yang baik hati. Berikut cara mendidik Anak menurut Islam:

1. Mengajarkan Tauhid

Menurut keterangan Rasulullah SAW, salah satu cara cara mendidik Anak menurut Islam adalah dengan mengajarkan Tauhid terlebih dahulu. Prinsip tauhid merupakan landasan terpenting dalam Islam.

Oleh karena itu Tauhid adalah tugas yang paling penting untuk diajarkan kepada anak-anak: Pentingnya mengajarkan Tauhid terdapat dalam Surat Luqman ayat 13 Al-Quran yang artinya:

Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, “Wahai anakku, janganlah kamu menyekutukan Allah, sesungguhnya kesyirikan itu merupakan kezaliman yang besar.” (QS. Luqman: 13).

2. Mengajarkan Ibadah

Sudah menjadi tanggung jawab setiap orang tua untuk membimbing dan mengajarkan nilai-nilai agama kepada anaknya setiap saat sejak dini. Pendidikan Islam dapat dilakukan dengan cara sederhana seperti mengajak mereka ke masjid untuk membaca doa-doa harian atau menyebarkan dakwah tentang Alquran. satu. Hal ini tertuang dalam surat Al-Ahzab ayat 21 yang artinya:

“Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah”(QS. Al-Ahzaab: 21).

3. Membentuk Kepribadian Anak

Kita tahu bahwa rumah adalah tempat pendidikan utama bagi seorang anak. Maka cara mendidik Anak menurut Islam dan ajaran Nabi Muhammad SAW adalah dengan menanamkan nilai-nilai akhlak melalui keteladanan yang baik untuk mereka teladani.

See also  Penyebab Anak Malas Belajar dan Cara Mengatasinya

Caranya sangat sederhana orang tua harus selalu menciptakan lingkungan rumah yang hangat dan penuh kasih sayang tetapi sebaliknya jika orang tua berperilaku tidak baik di rumah pasti akan di ikuti oleh anaknya.

Jadi orang tua harus selalu bersikap atau memberi contoh yang baik untuk anak-anak mereka bila memungkinkan.

4. Mengajarkan Tanggung Jawab

Pendidikan merupakan langkah selanjutnya dalam membesarkan anak dan mendidik anak dalam Islam. Semua orang tua bertanggung jawab atas tindakan dan perbuatan anak-anaknya.

Contoh umum adalah ketika seorang anak terlambat mengerjakan pekerjaan rumah dan orang tua ingin menunjukkan hasilnya. Misalnya aktivitas akhir pekan diperpanjang setelah bekerja.

5. Mengajarkan Akhlak

Anak-anak harus dikenalkan dengan orang-orang di sekitarnya sejak usia dini. Selain gotong royong ini anak orang tua juga memiliki tanggung jawab untuk saling membantu bukan saling menghalangi dalam pergaulan. Orang tumbuh dengan mengajari anak-anak mereka sikap sosial sejak usia dini.

Seseorang yang peduli dengan orang lain. Selain itu anak-anak harus diajarkan sopan santun dan etika dalam interaksi mereka dengan lingkungan. Beberapa cara mendidik Anak menurut Islam di atas dapat dijadikan pedoman oleh para orang tua untuk membesarkan anaknya menjadi manusia yang berbudi luhur cerdas dan berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *