MSGOLDS

Masa Pertumbuhan Anak: Begini Penjelasannya!

Masa Pertumbuhan Anak: Begini Penjelasannya!
Masa Pertumbuhan Anak: Begini Penjelasannya!

Masa Pertumbuhan Anak: Begini Penjelasannya!

Msgolds.com – Orang tua harus selalu memantau status perkembangan anaknya. Pemantauan masa pertumbuhan anak penting untuk menjaga kesehatan dan tumbuh kembangnya secara optimal serta mendeteksi secara dini tanda-tanda gangguan perkembangan.

Untuk mengatur pertumbuhan anak dapat dinilai dengan mengukur tinggi badan berat badan dan lingkar kepala. Pengukuran yang tersedia dapat menentukan apakah pengukuran atau laju pertumbuhan normal.

Perkembangan masa pertumbuhan anak

Berdasarkan para ahli gizi yang menjelaskan, ada beberapa poin penting dari masa pertumbuhan anak yang perlu Anda perhatikan sebagai Orang tuanya. Selengkapnya pada poin – poin berikut:

1. Tinggi badan

Tinggi badan anak yang sehat terus meningkat selama bertahun-tahun. Tinggi rata-rata ideal untuk anak-anak. Dari 0 hingga 12 bulan adalah 25 cm. Untuk usia 1 sampai 2 tahun adalah 13 cm 2 sampai 3 tahun.

4 sampai 9 cm anak-anak dari pubertas. 5cm per tahun. Ingatlah bahwa tahap perkembangan setiap anak berbeda. Laju pertumbuhan bayi Anda mungkin sedikit lebih lambat atau lebih cepat dari ini karena tinggi badan bayi juga sangat dipengaruhi oleh nutrisi.

Selain itu, kesehatan bayi selama 1000 hari pertama kehidupan bayi. Selama tinggi atau panjang badan bayi Anda sesuai dengan usianya tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

2. Berat badan

Bayi baru lahir yang sehat normalnya dalam penjelasan masa pertumbuhan anak adalah memiliki berat antara 2,6 dan 3,8 kg. Saat bayi Anda tumbuh berat badan Anda akan bertambah seiring bertambahnya usia. Di bawah ini adalah rata-rata pertambahan berat badan bayi yang perlu Anda ketahui.

  • Bayi 0-6 bulan : 140-200 gram per minggu
  • Bayi 6-12 bulan : 85-140 gram per minggu
  • Bayi 1-2 tahun : 2,5 kg per tahun
  • Bayi 2-5 tahun : 2 kg per tahun
  • Pubertas Hingga 5 tahun : Pertambahan berat badan anak termasuk tinggi badan adalah 2-3 kg per tahun tergantung status gizi dan kesehatannya.
See also  Cara Mendidik Anak: Terapkan 9 Cara Ini di Keluarga Anda!

Biarkan berat bayi menjadi tiga kali lipat pada usia satu tahun untuk memudahkan ibu. Tubuh bayi masih normal dan sebenarnya milik ibu.

3. Lingkar kepala

Selain tinggi dan berat badan, ukuran pertumbuhan bayi lainnya yang perlu Anda ketahui adalah lingkar kepala bayi Anda. Tes ini penting karena ukuran lingkar kepala bayi yang tidak normal bisa menandakan adanya gangguan pada perkembangan otak.

Berikut rata-rata pertumbuhan lingkar kepala pada anak:

  • Bayi 0-3 bulan: 2 cm per bulan
  • Bayi 4-6 bulan: 1 cm per bulan
  • Bayi 6-12 bulan: ½ cm per bulan
  • Anak 1-2 tahun: 2 cm per bulan

Cara Mengoptimalkan Tahapan Pertumbuhan Anak

Untuk masa pertumbuhan anak yang sehat dan optimal, ibu dapat menggunakan berbagai cara untuk mendukung tumbuh kembangnya antara lain: Pastikan anak Anda makan makanan yang sehat dan mengikuti panduan gizi seimbang mulai dari sumber protein lemak berkualitas tinggi dan sayuran bedanya.

Makan lebih banyak buah-buahan dan minum air putih yang cukup. Pastikan anak Anda menjaga pola makan dan gaya hidup yang bersih untuk mencegahnya tertular penyakit menular dan menghindari risiko obesitas pada masa kanak-kanak dengan mengontrol pola makan dan rutin berolahraga sejak dini.

11-14 jam sehari untuk batita dan 10-13 jam sehari untuk anak usia 3 sampai 5 tahun. Tahun 6 ke atas Setiap tahun Penting untuk menjaga kualitas gizi dan kemurnian makanan dan minuman yang dikonsumsi anak. Nutrisi yang cukup dari makanan akan berfungsi sebagai sumber energi dan elemen untuk pembentukan tulang dan pertumbuhan otot.

Pada saat yang sama makanan bersih dapat melindungi anak dari berbagai penyakit menular. Jika sering terjadi pada masa pertumbuhan infeksi pada anak akan menyebabkan gagal tumbuh dan berdampak pada keterlambatan perkembangan.

See also  Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Supaya Cerdas

Namun anak yang sehat akan mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang ideal dapat dijadikan sebagai acuan kesehatan. Untuk itu semua ibu harus senantiasa memantau semua tahapan perkembangan anaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *